Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger Dan Wordpress Untuk Pemula Di Hp Dan PC

Blog merupakan media untuk sharing informasi ke seluruh dunia maupun lokal. Tidak hanya itu anda juga bisa mempunyai blog dengan cara membuat blog tentunya.
Cara Membuat Blog Di Blogger Dan Wordpress Gratis Untuk Pemula
Membuat blog gratis tidaklah sulit dibayangkan tentunya baik menggunakan komputer maupun smartphone ios maupun android dapat dengan mudah untuk mendaftar blog.

Banyak blog gratis yang bisa anda gunakan dan manfaatkan diantaranya adalah blog populer adalah wordpress dan blogger.

Jika skill anda masih newbie atau pemula tentunya blogger sangat bagus untuk dijadikan sarana belajar ngeblog dan bisa untuk dijadikan money site ke depannya. Jika anda tergolong user yang ahli alangkah baiknya memilih wordpress dan memilih self hosting sehinggan wordpress terkesan profesional karena dalam prakteknya anda harus mempunyai budget yang lumayan untuk membangun sebuah website atau blog profesional di wordpress. Tentunya blog di wordpress juga gratis.

Cara membuat blog gratis di wordpress dan blogger Gratis Untuk Pemula di hp dan komputer mudah

Cara membuat blog di blogger


Untuk membuat blog gratis di blogger syaratnya anda harus membuat akun google dulu bagai mana langkah dan panduannya bisa anda menggunakan komputer maupun smartphon :

1. Silahkan menuju blogger
Login atau signup blogger
2. Tap atau klik login ke blogger atau dengan mentap create blog lalu anda akan disuruh untuk menggunakan akun google dan ketik pula password akun dan tap signin dan jika belum anda bisa membuat google akun secara langsung di sana.
Beri nama profile blogger
3. Buat nama profile blogger bisa menggunakan nama asli atau nama brand yang ingin anda gunakan, tujuannya adalah sebagai nama admin yang menulis conten di blogger. Tap lanjutkan ke blogger.
Buat blog baru di blogger
4. Tap buat blog baru
Menulis title blog dan alamat blogger
5. Ketikan title atau judul blog misalkan misalkan erepana.
Lalu tuliskan juga alamat blog misal erepana.blogspot.com di ini akan dijadilan sebagai alamat blog anda jika alamat blog tidak ada atau sudah digunakan orang maka terus cari alamat blog yang belum digunakan blogger lain sampai alamat blog dan notifikasi tersedia.

7. Pilih tema blog anda dapat memilih tema bawaan blogger, pilih tema template blog seperti soho, contempo.

8. Tap Buat blog. Mendaftar blog telah selesai.

9. Untuk membuat blog tap buat post, silahkan tulis judul postingan dan isi content artikel blog dibawahnya (box besar). Anda bisa menyertakan gambar atau photo dengan mentap icon photo lalu tap upload dan pilih gambar dan upload, mengunduh video dengan icon video, untuk menambahlan link klik link berikut teks dan link url, bold, italic, font yang bisa anda dapatkan diatas box editor.

Disebelah kanan terdapat label untuk kategori artikel, schedul untuk memposting otomatis, icon lokasi sebagai penanda lokasi posting, dan icon kaca pembesar untuk menuliskan deskripsi pencarian di halaman google.

10. Tap posting untuk mempublish atau memposting postingan blog anda.

Cara membuat blog di wordpress 


1. Silahkan menuju situs wordpress
Signin atau signup ke wordpress
2. Dan tap login menggunakan akun wordpress anda dan jika belum silahkan mendaftar dengan alamat email berikut password dan konfirmasi password dan tap continue maka fihak wordpress akan memberikan link aktifasi akun wordpress ke email lalu menuju email dan klik aktifasi akun wordpress. Atau anda bisa dengan login menggunakan google akun atau akun apple.
Menulis nama blog di wordpress
2. Lalu pilih media apakah blog, bisnis, profesional atau online store. Tap blog lalu tentukan topik blog semisal blogging, travel, food, dll. Dikarenakan akan blog maka tap blogging dan tap atau klik lanjutkan
Menentukan tentang blog di wordpress
3. Lalu isi tentang blog, misal bkog tentang seo, investasi, otomotif, dsb. Sesuai niche blog anda. Tap lanjutkan.
Memberi nama blog di wordpress
4. Masukkan nama blog wordpress anda misalkan erepana'blog dan klik lanjutkan.
Menentukan alamat dan domain wordpress
5. Ketikan domain yang anda inginkan misalkan erepana dan pilih yang free subdomain. Dan tap yang tersedia.
Buat free blog
6. Terakhir anda disuruh memilih apakah free site (situs gratis) atau memilih plan dengan membayar personal, premium, business, ecomerce. Maka tap free site saja.

7. Silahkan tap atau klik tulis post atau tulis.

Membuat blog di wordpress telah selesai silahkan buat postingan dengan tulis atau tambah post dengan tulisan artikel anda dan tambahkan image, dsb. Dan tap publish.

Demikian cara membuat blog gratis di blogger dan wordpress untuk pemula.