Cara Merawat Motor Yang Benar Awet Dan Berperforma

Perawatan motor sangat mempengaruhi kinerja dari motor mesin itu sendiri selain itu dapat menghambat anda selama bepergian oleh karena itu cara merawat motor yang benar mempengaruhi kondisi motor anda.
Cara Merawat Motor Yang Benar Agar Awet Dan Berperforma

Merawat motor dengan pemeliharaan yang baik juga tepat tidaklah sesulit yang dibayangkan dan sangan penting untuk dilakukan oleh pengendara motor agar motor tetap awet jika pemeliharaannya sangat baik.

Pemeliharaan motor sebagian bisa dilakukan di rumah jika dimungkinkan hal kecil jika hal besar yang tidak bisa dilakukan sebaiknya lakukan di bengkel.

Berikut cara memelihara motor yang baik dan benar


1. lakukan pemanasan motor

Pemanasan pada mesin motor harus dilakukan pada saat sebelum berkendara utamanya tiap pagi dan lakukan beberapa menit.

Memanaskn mesin motor sangat baik untuk mengencerkan oli juga melancarkan perputaran mesin motor biasanya kalo motor dingin suka tersendat atau mati sendiri.

2. Mencuci cover dan bodi motor

Selain itu mencuci motor terutama cover dan bagian mesin harus dilakukan agar tidak terhindar dari karatan dan kelihatam anda benar-benar melakukan perawatan pada motor.

Selqin itu noda pada cover yang menempel dapat menggores cover motor saat mencuci minimal 3 kali semunggu kalo motor masih bersih.

3. Ganti oli secara disiplin

Mengganti oli sangat dianjurkan agar mesin motor tetap awet minimal sesuai rekomendasi dari oli yang biasa anda pakai untuk di ganti oli motor.

Minimal ganti oli dua bulan sekali jika memang jarak pakai dekat tidak jauh kalo jaraknya jauh sebulan sekali cukup dan jangan sampai pergantian oli sampai kering.

4. Cek busi

Selain itu dalam pemeliharan sepeda motor anda perlu selalu mengeck busi motor agar perapian mesin maksimal, jika terjadi kurang baik silahkan bersihkan bagian busi motor jika kurang bail cepat ganti busi motor anda

5. Rutin service motor

Selalu mendisiplinkam menyervice motor agar motor selalu terawat dan selain itu performa motor semakin mantap dan jika ada pergantian suku cadang utamakan diganti.

Lakukan service sepeda motor sesuai rekomendasi dari bengkel resmi motor anda atau minimal 3 bulan sekali.

6. Lakukan pengolian rantai dan cek gear motor

Perhatikan apakai rantai motor sudah kering jika begitu lakukan dengan penlumasan rantai motor agar gear dan rantai motor awet selalu.

Demikian pula jika rantai terlalu kuat juga longgar maka segera lakukan perbaikan agar tidak merusak gear. Jika gear sudah runcing segera ganti dengan yang baru. Demikian juga vanbelt jika tarikan motor berkurang segara ganti.

7. Perhatikan keadann ban

Selain itu perhatikan ban motor anda terutama kekuatan angin pada ban motor jika kurang angi segera tambah angin pada ban.

Jika kurang angi biasanya merusak ban dalam anda juga.

Semoga artikel tentang cara merawat motor yang baik serta benar membantu anda sehingga motor anda awet jika dipelihara dengan baik dan tepa.